MISI

Meningkatkan peran IBI dalam membina dan menjaga profesionalitas Praktik Mandiri Bidan(PMB).
Mewujudkan rasa aman, nyaman dan kepuasan bagi PMB dan pengguna jasa.
Mewujudkan PMB yang handal, kompeten dan profesional dalam pelayanannya melalui standarisasi dan kegiatan monev yang berkesinambungan
... selengkapnya

Unit Pelaksana Bidan Delima Tingkatkan Kompetensi Anggotanya (Bidan Delima) Melalui PelatihanPelatih

15 Februari 2019
Diposting oleh : adminpusat
Dibaca: 1992 kali


Pada tangga 31 Agustus 2 September 2018 di Hotel Kawanua, Cempaka Putih, Jakarta, sebanyak 29 bidan (fasilitator) dari 22 Provinsi,  telah mengikuti  Training of Trainer (ToT) Stimulasi Tumbuh Kembang Bayi dengan Pijat. ToT ini diharapnya, peserta bisa menjadi Trainer yang akan melatih Anggota (Bidan Delima) di provinsinya masing-masing agar dapat melaksanakan Stimulasi Tumbuh Kembang Bayi dengan Pijat. Selanjutnya, Bidan delima yang sudah mendapatkan pelatihan Stimulasi Tumbuh Kembang Bayi dengan Pijat juga mengajarkan kepada ibu/orang tua sang bayi.

Kegiatan ToT ini secara tidak langsung juga merupakan bentuk pembinaan Ikatan Bidan Indonesia terhadap Program Bidan Delima dengan meningkatkan kompetensi anggotanya. Pelatihan ini terlaksana dengan dukungan PT. Johnson&Johnson, dan juga bekerja sama dengan UKK Tumbuh Kembang Pediatri Sosial Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).  ToT ini ada 2 tahap yaitu :

1.                 Stimulasi pijat, kompetensi level menengah (intermediate).

2.                 Stimulasi pijat, kompetensi level dasar (basic).

Instruktur ToT dr. Fitri Hartanto SpA(K), seorang dokter spesialis anak konsultan yang juga Ketua Penyusun Modul Pelatihan Pijat Bayi dari UKK Tumbuh Kembang Anak Ikatan Dokter Anak Indonesia. dr Fitri Hartanto dibantu oleh Instruktur yang lain di level dasar dengan dr. Jenni K Daliana, SpA(K), sedangkan level menengah dibantu dengan dr. Catherine Mayung Sambu, SpA(K), Prof. Dr. dr. Rini Sekartini, SpA(K). Peserta berasal dari berbagai  Provinsi antara lain Provinsi DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DIY, Kalimantan Selatan, Kalimatan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Bali, Sulawesi Selatn, Bangka Belitung, Sumatera Selatan. Lampung, Bengkulu, Jambi, Riau, Sumatra Barat, Sumatra Utara, dan Aceh.

Selanjutnya Pelatihan  Stimulasi Tumbuh Kembang Bayi dengan Pijat, telah di sebar luaskan ke anggota lain melalui pelatihan di Provinsi sebagai berikut :

                     Jawa tengah, 105 orang

2.               Kalimantan Tengah, 90 orang

3.              Jawa Barat, 30 orang

4.              Bali, 30 orang

5.              Kalimantan Selatan, 80 orang

6.              PP IBI (Konggres), 300 orang

7.             DKI Jakarata, 179 orang

8.              Banten, 180 orang

Stimulasi Tumbuh Kembang Bayi dengan Pijat, memberikan banyak manfaat bagi perkembangan fisik, emosi, dan respon bayi. Manfaat lain membantu bayi untuk relaksasi, membuat tidur lebih lelap dan lama, membantu pengaturan sistem pencernaan, respirasi dan sirkulasi, terpenting mempererat ikatan/bonding antara ibu/orang tua dengan bayinya.

Stimulasi Tumbuh Kembang Bayi dengan Pijat dapat dilakukan pada bayi aterm (cukup bulan) maupun bayi prematur (kurang bulan) yang telah stabil. Stimulasi Tumbuh Kembang Bayi dengan Pijat dapat dilakukan kapanpun saat orang tua ingin memulai dan sebaiknya diberikan setiap hari pada bayi usia 6-7 bulan pertama, dilakukan dengan teknik yang benar dan dalam suasana yang nyaman dan menyenangkan. Orang tua bayi dapat meminta untuk diajari Stimulasi Tumbuh Kembang Bayi dengan Pijat oleh Bidan yang ada di daerahnya terutama Bidan Delima (Praktik  Mandiri Bidan yang telah di Standarisasi Pelayanannya dan memiliki sertifikat Bidan Delima).

 


0 Komentar :



Isi Komentar :

Nama :
Komentar :
   
    (Masukkan 6 kode diatas)